FENOMENA LANGIT YANG MENAKJUBKAN

FENOMENA LANGIT YANG MENAKJUBKAN        -       Langit kita ini menyimpan sejuta fenomena yang kerapkali membuat kita merasa kagum. Fenomena Alam adalah peristiwa non-artifisial dalam pandangan fisika yang bisa jadi akibat ulah manusia maupun memang perbuatan alam. Fenomena yang terjadi pada alam yang berada di sekitar kita seperti misalnya gempa bumi, letusan gunung merapi, banjir dan lain lain. Kali ini Kecubung Aldara akan menulis tentang fenomena langit yang berhasil tertangkap kamera. Berikut ini fenomena langit yang berhasil tertangkap kamera.

1. SKY HALLO


Fenomena ini berbentuk lingkaran yang mengelilingi matahari. Fenomena ini terjadi akibat adanya kristal es pada awan cirrus yang dingin yang berada di 5-10 km diatas troposfer.Kristal es itu membiaskan cahaya matahari sehingga membentuk sebuah lingkaran bersar yang mengelilingi matahari. Sky Hallo terkadang juga terlihat muncul di dekat permukaan bumi, ketika ada kristal es yang disebut debu berlian. Kejadian ini dapat terjadi pada cuaca yang sangat dingin, ketika kristal es terbentuk di dekat permukaan dan memantulkan cahaya.

2. SUN DOG

Fenomena langka muncul di langit mongolia pada januari 2015 lalu. Pada hari itu muncul sinar terang "tiga" matahari.
Fenomena ini tergolong langka, tapi sudah beberapa kali terjadi.
Penampakan "tiga" matahari ini dikenal dengan istilah parhelion. Selain itu fenomena ini juga dikenal dengan sun dog, karena "dua" matahari mengikuti induknya, perilaku ini layaknya anjing yang terus mengikuti tuannya.
Fenomena ini menunjukan seolah-olah ada tiga matahari yang terbit, ini terjadi saat matahari berada di titik cakrawala terendah, sinar matahari melewati kristal es dilangait sehingga membiaskan cahaya, menimbulkan kombinasi efek hallo dengan dua buah cahaya mirip matahari di kedua sisinya.
Sun dog terbentuk karena sinar matahari dibiaskan oleh kristal es heksagonal dengan diameter lebih besar dari 30 mikrometer. Akibat sinar matahari melewati kristal es, maka sinar dibengkokkan atau dibiaskan sebesar 22 drajat sebelum mencapai pengelihatan pengamat.

3. Light Pillars


Light Pillars (pilar cahaya) adalah hasil ilusi optik yang terjadi di langit. Hampir mirip dengan fatamorgana, fenomena visual ini terjadi pada saat adanya refleksi dari sebuah cahaya (bisa dari cahaya matahari, bulan atau lampu jalanan) yang dipantulkan oleh kristal-kristal es yang hasilnya membentuk cahaya horizontal paralel yang kemudian tertangkap oleh mata manusia. Fenomena pilar cahaya yang indah dan menakjubkan ini kerap terjadi, misalnya pada saat matahari akan terbenam di Tucson (Arizona).
Fenomena Light Pillar biasanya muncul di daerah dingin dimana suhu didaerah tersebut mencapai dibawah 10° C, sayangnya daerah yang berada digaris Khatulistiwa seperti Indonesia tidak akan muncul fenomena ini. Light Pillar sering muncul di musim dingin ketika salju atau es kristal memantulkan cahaya dari sumber yang kuat seperti matahari atau bulan. Dibantu oleh suhu dingin, pilar cahaya akan muncul ketika cahaya memantul dari permukaan datar kristal es yang mengapung dan relatif dekat dengan tanah.

4. Fogbows.



Sebuah pemandangan tidak lazim menghiasi langit di salah satu bagian wilayah Inggris. Pemandangan layaknya kisah di negeri dongeng menghiasi langit di atas Eden Valley, Stainmore, Cumbria. Sebuah busur pelangi tercipta di langit, namun kali ini terdiri dari kabut atau yang disebut fogbow. Berbeda dari pelangi, dalam fogbow terdapat tetesan air yang terlalu kecil untuk membiaskan dan memantulkan cahaya. Sehingga warnanya hanya putih meskipun beberapa ada yang bisa menampilkan warna-warna lemah. Fenomena ini jarang sekali terjadi jika kondisi alam tidak benar-benar pas. Fogbows lebih jarang terlihat dari pada pelangi karena parameter tertentu yang harus disesuaikan untuk menciptakan mereka. Misalnya, sumber cahaya harus berada di belakang pengamat dan membumi. Juga, kabut di belakang pengamat harus sangat tipis sehingga sinar matahari yang dapat bersinar melalui kabut tebal di depan. 


5. Mammatus cloud.


Mammatus cloud adalah suatu fenomena dimana awan dilangit berbentuk seperti balon terbalik, bergelembung-gelembung, bergelombang terlihat sangat lembut, halus dan membentuk formasi yang sangat indah dan menakjubkan. Mammatus cloud terbentuk dari berbagai macam formasi kristal-kristal es di awan yang terbentang sejauh ratusan kilometer. Biasanya terjadi di awan cumulonimbus, altocumulus, altostratus dan awan cirrus. Ada banyak mekanisme terbentuknya Mammatus cloud ini. Meskipun awan ini sangat indah, namun perlu diwaspadai bahwa Mammatus cloud merupakan pertanda akan datangnya cuaca yang ekstrim atau akan datang badai. Mammatus cloud pernah terjadi di San Antonio, Texas pada tahun 2009. Salah satu fenomena alam yang menakjubkan, karena terbentuknya awan mammatus menandakan akan terjadinya badai besar dan cuaca buruk. Awan ini biasanya terdiri dari air dan es, dan formasinya terlihat statis hingga sepuluh atau lima belas menit.

0 komentar:

Posting Komentar